Terowongan Sentiong ,.. Jejak Rodi Itu Masih Ada..!!.

Banjar - “Ratu Wihelmina dan Pangeran Hendrik serta putrinya Juliana mungkin tersenyum ketika Nama mereka di abadikan dalam nama kontruksi terowongan yang berdekatan,tetapi ada terowongan terlupakan ,yang tidak bisa di pisahkan dari jalur kereta Banjar Cijulang ,Terowongan Sentiong yang terletak di Sukamukti Kecamatan Pataruman kota Banjar.tetapi bagi bangsa Indonesia kehadiran terowongan tersebut membuat mereka harus menjadi bagian dari pekerja tanpa bayaran alias Rodi.dan jejaknya saat ini masih berdiri tegak”.



Kereta api sebagai sarana transportasi massal tertua di Indonesia tak lepas dari sejarah kolonial. Namun seiring perkembangan jaman dan kalah dalam persaingan, banyak jalur kereta rusak dan tak terpakai. Salah satunya adalah sisa-sisa jalur kereta api Banjar - Cijulang, Jawa Barat.
Sebagai penumpang kereta api, Anda mungkin pernah melintasi stasiun Banjar yang dibangun tahun 1888 di jalur kereta api lintas Selatan..Jalur kereta api Banjar - Pangandaran - Cijulang atau Banci, dibangun tahun 1911. Karena alamnya berbukit-bukit, di jalur ini Anda bisa menjumpai terowongan terpanjang dan terpendek di Indonesia.


Salah satunya adalah terowongan Sentiong yang terletak diantara Stasiun Banjar dan Kertahayu ,Konon dinamakan Terowongan Sentiong karena tepat berada di bawah kuburan Cina .kondisi terowongan sentiong yang dibangun oleh keringat Bangsa Indonesia yang di pekerjakan sebagai Rodi oleh penjajah Belanda. Saat ini kondisi nya pun kini tidak terawat .
Di muka terowongan bangunan nya sudah banyak di penuhi semak yang membuat tempat tersebut menjadi terkesan angker.bentuknya yang tidak berubah menandakan perencana kontruksinya berpengalaman .Tetapi sepintas kita terbayang bagaiman penderitaan bangsa kita yang turut andil dalam pembangunan terowongan tersebut .Entah berapa banyak pekerja yang menjadi korban ketika mengerjakan Jalur Banjar –Cijulang ini .Terowongan Sentiong ini Panjangnya hanya 183 Meter , Bagian lorong dalamnya pun tidak berubah ada lorong kecil yang di pakai untuk para pekerja berlindung ketika mengerjakan Rel dan menghindari jika kereta ada kereta lori.

Ada beberapa jalur yang bisa di pakai ketika kita melakukan Bike Trip ke terowongan Sentiong.Yang pertama bisa melalui jalur Jalan Pamarican sampai ke Pagak berbelok ke jalur Rel kereta Banjar –Cijulang.Jika melalui Jalur ini bisa dijumpai indahnya pemandangan Gunung sangkur di temani mentari pagi dan di hiasi bulir-bulir embun yang berda di atasa tanaman padi menghijau menghampar luas .Adapun jalur lain bisa melewati jalan raya Pangandaran tepat di dekat gudang Sang Hyang Sri berbelok keperumahan ASABRI Sukamukti lalu meniti turunan berbelok ke jalan yang dulunya adalah Rel Kereta .Begitu juga dengan jalur dari Sentiong kita akan berada tepat di atas terowongan Sentiong.
Tetapi sampai saat ini sepertinya berbagai pihak membiarkan terowongan tersebut seolah tidak mempunyai nilai sejarah . Padahal jika seandainya bisa menjadi objek Wisata petualangan seperti Bike Trip Jalur Ke terowongan Sentiong yang berlumpur sangat di minati para penggemar Sepeda MTB .Begitu pun sebagai Trail Race ataupun Offroad menggunakan mobil four wheel Drive tentunya akan sangat mengasyikan di tambah dengan adanya penunjuk lokasi lyang terbuat dari potongan-potongan kayu jati yang di susun sebagai peta penunjuk sehingga terkesan alami .

Suasana sumber daya alam yang mendukung sepertinya perlu perhatian khusus,Bangunan Terowongan yang unik ber arsitektur art deco khas negeri kincir angin mempunyai daya jual wisata dan bisa menarik pengunjung. Jika di garap serius,Sebab tidak semua daerah mempunyai terowongan kereta sedangkan di jalur rel kereta Banjar Cijulang ini terdapat 4 terowongan dan salah satunya di kota Banjar.
Melihat kenyataan yang ada ternyata Jejak Rodi itu masih ada. Penjajahan memang sudah lama hilang dari bumi bhineka tunggal ika ini,tetapi jejaknya masih berdiri tegak .kita manfaatkan saja untuk lebih menguatkan jika bangsa kita juga mempunyai andil dalam membangunnya.*****

Sumber : www.inibanjar.com


EmoticonEmoticon